Jumat, 12 Oktober 2012

Keamanan Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan. 
Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung denganjaringan.


Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :
a)      Sharing resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.

b)      Media Komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.

c)       Integrasi Data
Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.

d)      Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.

e)      Keamanan Data
Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.

f)        Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini
Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.



Mengenai keamanan jaringan, ada beberapa sebab keamanan jaringan komputer tersebut dapat terancam, yaitu :
a)        Sharing 
Jaringan komputer dapat terancam ketika melakukan sharing karena jaringan tersebut digunakan bersama-sama oleh lebih dari satu user di dalam jaringan komputer tersebut. Dan banyak user yang memiliki potensi untuk mengakses sistem dalam suatu jaringan komputer.

b)        Kompleksitas system 
Keamanan yang handal merupakan tugas yang sulit dicapai pada suatu system yang besar
.

c)        Batas yang tidak jelas 
Suatu host yang berada disuatu jaringan mungkin juga merupakan host jaringan lain yang berbeda. Akibatnya host tersebut dapat diakses oleh user lain dijaringan yang berbeda tersebut. 

d)        Banyaknya titik rawan 
Suatu file / pesan dapat dikirim melalui banyak host. Mungkin administrator di host pengirim dan penerima menyiapkan suatu mekanisme pengamanan, namun tidak ada yang menjamin host-host yang dilewati oleh file/pesan tersebut juga memiliki pengaman yang cukup handal.

e)        Anonnymity 
Seorang Perusak mungkin berada di tempat yang sangat jauh dari host yang diserangnya, sehingga perusak tersebut tidak pernah tersentuh oleh sistem atau kontak dengan adaministrator system. Penyerang tersebut mungkin akan akan melewati ratusan host untuk membuat penyerangan tidak diketahui dari mana asalnya.

f)         Jalur yang ditempuh tidak diketahui 
jalur yang ditempuh oleh sustu pesan akan lewat host-host yang berbeda dengan pesan yang lain.


Ancaman terhadap keamanan jaringan dapat terjadi dengan cara sebagai berikut:
a)      Melakukan Interapsi data yang sedang dikirim
b)      Mengakses suatu program atau data pada remote host
c)      Memodifikasi program atau data pada remote host
d)      Memodifikasi data yang sedang dikirim
e)      Melakukan penyisipan komunikasi palsu seperti user lain
f)       Melakukan penyisipan komunikasi sebelumnya berulang-ulang
g)      Menahan data tertentu
h)       Menahan semua data
i)        Menjalankan program di remote


Di dalam jaringan komputer terdapat teknik penyerangan yang paling sederhana, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. wiretrapping yaitu melakukan interpsi komunikasi antara dua host secara phisik. 

2. Melakukan pemalsuan Authentication milik orang lain dengan cara mencoba-coba password. Cara seperti ini dikenal dengan nama brute force attack.

Ada beberapa kriteria untuk membuat password yang baik yaitu:
·         Gunakan karakter selain A-Z. Hal ini untuk membuat kemungkian kombinasi password menjadi lebih banyak. 
·         Pilih Password yang panjang. Minimal 6 karakter adalah pilihan yang ideal.
·         Hindari penggunaann nama dan kata. 
·         Pilih password dengan rangkaian karakter yang tidak umum.
·         Ubah password secara periodik dan rutin.
·         Jangan menulis password di suatu tempat
·         Jangan beritahu orang lain.

3. Flooding yaitu cara penyerangan dengan mengirimkan banyak pesan-pesan yang tidak jelas ke suatu host. Biasanya tujuan penyerangan ini adalah membuat tarafic di suatu host menjadi sangat berat sehingga menyebabkan kualitas pelayanan suatu server.

4. Trojan Horse yaitu teknik penyerangan dengan menggunakan aplikasi palsu yang seolah-olah terlihat seperti aplikasi yang asli tetapi sebenarnya applikasi tersebut membuat suatu penyerangan. 


Untuk menghindari ancaman-ancam terhadap suatu jaringan komputer, perlu di tingkatkan keamanan pada jaringan yang dapat dilakukan :
1.      System Security
2.      System Back Up
3.      System Optimatimization
4.      Pembersihan Virus
5.      Penyelesaian Darurat
6.      System Rebuild
7.      Mengganti barang-barang Komsumtif
8.      Personil



 Sekadar cerita saja, berdasarkan pengalaman saya suatu Authentication itu sangat penting, karena untuk menghindari pencurian atau pengambilan data. Contoh kecil saja, sebelum start up pada windows terdapat Authentication dengan memasukkan password. Hal ini sangat penting, karena untuk menghindari orang lain mengacak-acak atau mengambil file yang ada dalam laptop kita. Contoh lainnya, berawal dari tempat kost yang saya tempati dulu. Dulu di kost yang saya tempati terdapat fasilitas speedy, pada saat pertama pemakaian jaringannya masih sangat bagus dan cepat, tetapi lama kelamaan jaringannya jelek dan sangat lemot dikarenakan jumlah anak yang pakai dan kapasitas daya yang sangat terbatas. Banyak penghuni kost tersebut yang mengeluh, beberapa bulan kemudian pemilik kost  menaikan kapasitas dayanya, akhirnya jaringan internet kembali lancar. Akan tetapi lama kelamaan, pemilik kost menaikan harga speedynya, yang menyebabkan banyak penghuni kost berhenti menggunakan speedy. Hanya tersisa 5 orang dari 10 penghuni kost yang ada, dan bayaran dibebankan pada lima orang tersebut. Tetapi setelah beberapa bulan saya merasa sangat berat dengan harga speedy yang harus dibayarkan perbulannya, kemudian saya berisiatif untuk berbagi dengan kamar sebelah , dengan melakukan sharing saya dapat menikmati layanan internet tanpa harus pusing memikirkan tagihan perbulannya, setiap akhir bulan tagihan kita bagi dua. Akan tetapi, ketika melakukan sharing internet saya tidak pernah menggunakan Authentication, supaya memudahkan teman saya menggunakan internet ketika saya tidak ada dikostn. Ternyata jaringan yang saya share tersebut nyampe   di kostn tetangga, akibatnya dia dapat leluasa menggunakan internet dari jaringan yang saya share tersebut.
   Jadi suatu Authentication itu sangat dibutuhkan karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar